Jum’at Taqwa Sekolahku

Dilaksanakannya Jum’at Taqwa, 25 Agustus 2017, disambut antusias oleh para siswa. Acara rutin yang digelar satu kali sebulan itu diawali dengan pembacaan Basmalah bersama dan dilanjutkan pembacaan habsyi yang diikuti oleh irama rebana yang ditabuh.

tartil sman 2 kandangan

Pembacaan ayat suci Al Qur’an

Jum’at Taqwa yang dilaksanakan oleh kelas XII MIA 2 mempersembahkan pembacaan tartil ayat suci Al-Qur’an disertai arti ayat yang dibacakan. Kemudian, dilanjutkan oleh ceramah singkat dari siswa yang bernama Rahmat Afrizal yang mengusung tema “Sudahkah Kita Berhijrah?”. Dalam materi ceramah yang dibawakannya, ia mengajak teman-teman untuk berhijrah, yaitu merubah diri ke hal yang lebih baik dan meninggalkan perbuatan yang buruk.

Tausiyah siswa SMAN 2 Kandangan

Tausiyah Siswa Kelas XII MIA 2

Acara yang bertempat di aula SMAN 2 Kandangan ini turut mengundang ustadz Hariadi. Beliau menyampaikan ceramah tentang Kurban dan hikmah dari cerita Nabi Ismail yang sangat tabah dan ikhlas ketika akan disembelih oleh sang Ayah, yaitu Nabi Ibrahim. Beliau juga berpesan untuk mencontoh perilaku Nabi Ismail yang patuh kepada perintah orangtua.

Selesai ceramah, ustadz Hariadi membuka sesi tanya-jawab. Hal tersebut disambut respon positif oleh para siswa. Mereka mengambil kesempatan itu untuk bertanya mengenai Kurban atau hal lainnya, baik secara lisan atau tulisan.

Acara yang berlansung selama kurang lebih dua jam ini ditutup dengan mengucapkan Hamdallah bersama. Pelaksanaan Jum’at Taqwa dimaksudkan agar para siswa memiliki karakter religius.(GN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *